Home / Hukum / Dendi: Pilar-Pilar Keunggulan Budaya Positif Warisan Nenek Moyang

Dendi: Pilar-Pilar Keunggulan Budaya Positif Warisan Nenek Moyang

Pesawaran, Media-merdeka.com-“Keragaman suku bangsa dengan tradisi dan budayanya yang khas dan unik, harus kita jadikan sebagai pilar-pilar keunggulan dan budaya positif warisan nenek moyang kita, hal tersebut merupakan kearifan lokal yang harus kita apresiasikan, kita pelihara dan kita sumbangkan bagi peradaban dunia,” jelas Bupati Pesawaran, H. Dendi Ramadhona K, S.T. saat memberikan sambutan acara Pengukuhan Batin Perwira Kusuma didepan para pemamgku kebijakan serta Para Punyimbang Adat, Tuha Raja, Tuha Batin, Punyimbang Suku, serta Para Muakhi Seunyinne yang digelar di Lamban Balak Desa Tempel Rejo Kec. Kedondong, Sabtu (7/12/2019).

Menurut Dendi, sebagaimana kita ketahui, bahwa negara ini memiliki kekayaan adat istiadat dan budaya yang luar biasa. Kebudayaan bangsa kita, menjadi muara, perpaduan dari tiga kebudayaan besar dunia, yaitu Kebudayaan Timur, Kebudayaan Islam, dan Kebudayaan Barat. Perpaduan dari tiga budaya besar dunia itu, telah mewariskan identitas yang sarat dengan tata nilai, sistem sosial, serta seni dan budaya yang khas dan kaya ragam. Identitas bangsa yang membanggakan itu, harus terus kita bina dan kita tumbuh kembangkan sebagai potensi dan modal sosial, untuk menjadi bangsa yang maju, terhormat, dan bermartabat.

“Pengembangan tradisi dan budaya bangsa, juga sangat penting untuk memperkokoh perisai budaya, di tengah budaya global yang makin mengemuka sekarang ini. Kita harus dapat memilah dan memilih budaya yang tepat dan sesuai pula dengan karakter dan jati diri bangsa kita,” imbuhnya.

Ditambahkannya, smasyarakat Pesawaran juga memiliki ragam budaya yang khas dan unik, mulai dari adat istiadat, bahasa dan sastra, tradisi, kesenian, arsitektur tradisional, hingga makanan tradisional. Tradisi budaya Kham Lampung juga sarat dengan pengetahuan dan pesan-pesan filosofis sai dapok kham jejama terapko dilom Ngebangun karakter bangsa.

“Budaya kham lampung, saya menilai juga memiliki basis budaya yang kuat, merupakan sumber ekonomi wisata yang dapat dikembangkan, termasuk wisata sejarah, serta memiliki potensi ekonomi kreatif dengan memadukan antara kreativitas seni, dengan teknologi. Oleh karena itu, dalam acara ini kham nilai penting sebagai wahana untuk memelihara, melestarikan dan mengembangkan budaya Lampung masa kini dan masa depan,” sambungnya.

“Sekali lagi sikham mengajak para Tokoh Adat, Tokoh Agama dan segenap masyarakat Lampung untuk menjadikan acara ini sebagi sarana untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan Lampung,” ajaknya dalam pidato berbahasa Lampung.

Dirinya mengingatkan, tidak boleh membiarkan budaya Lampung yang kita banggakan ini tergerus oleh budaya global. Kita harus tetap memiliki identitas dan jati diri, baik sebagai warga masyarakat Lampung maupun sebagai warga negara Indonesia yang dikenal dunia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika. Sikindua mengajak seunyinne masyarakat Pesawaran untuk tetap menjaga serta memegang teguh tradisi budaya yang sekaligus menjadi ujung tombak dalam pelestarian kebudayaan Lampung.

“Sampai disini sikindua sampaiko sambutan sinji, kantu wat salah cawa atau salah cakha sikindua kilu maaf anjak lubuk hati sai paling delom jama kuti seunyine penyimbang adat sai wat di delom acara sinji, sebab sikindua mak kung begitu lancar bebalah Bahasa Lampung, dan Sekali lagi sikindua ngucapkon tekhima kasih se balak-balakne atas segala perhatian dan penghargaanne, semoga Allah SWT, senantiasa memberikan rahmat perlindungan-Nya kepada kita sekalian, aamiin,” tutup Dendi dalam sambutannya.

Diketahui, acara Pengukuhan Batin Perwira Kusuma turut dihadiri Wakil Bupati Pesawaran, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Jajaran FORKOPIMDA Kabupaten Pesawaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Para Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran serta Sai sikindua muliakan, Cintai serta sikindua Banggakan Para Punyimbang Adat, Tuha Raja, Tuha Batin, Punyimbang Suku, serta Para Muakhi Seunyinne sai. (Red)

.

Check Also

Koramil 422-07 Gotong-royong Bersama Warga

Lambar, Media-merdeka.com–Anggota Koramil 422-07/Sumberjaya bersama masyarakat setempat melaksanakan karya bhakti membersihkan kiri dan kanan jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *