Home / Bandar Lampung / Gubernur Arinal Apresiasi Festival Sampoerna Retail Community

Gubernur Arinal Apresiasi Festival Sampoerna Retail Community

Bandarlampung, (Media-merdeka.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi digelarnya Festival Sampoerna Retail Community (SRC) untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sektor Retail sekaligus memperkenalkan ekosistem SRC kepada konsumen.

Apresiasi Gubernur tersebut disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Taufik Hidayat saat menghadiri Festival SRC Indonesia di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung, Minggu (1/12/2019).

“Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan daya saing UMKM sektor retail sekaligus memperkenalkan ekosistem SRC kepada konsumen. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan UMKM khususnya di Provinsi Lampung,” ujar Taufik.

Menurut Taufik, pada era pasar bebas saat ini pelaku UMKM menghadapi tantangan cukup berat, persaingan antar negara dalam memperebutkan pasar bagi produk industri menjadi semakin ketat.

“Dapat dikatakan bahwa UMKM cukup berpotensi untuk berperan serta dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi di daerah,” katanya.

Taufik menjelaskan agar dapat bersaing dengan retail-retail, maka warung-warung rakyat diperlukan langkah-langkah upaya pembinaan. Di antaranya dengan melakukan modernisasi, mulai dari pembinaan kepada pemilik toko agar dapat memberikan pelayanan yang ramah.

“Harus juga melakukan penataan barang yang rapi, hingga adanya aplikasi yang memungkinkan warung-warung rakyat ini bisa mendapatkan suplai barang dagangan yang sama dengan suplai yang diterima oleh retail modern,” ujarnya.

Taufik mengajak untuk bersama-sama memajukan UMKM, melalui gerakan Berbelanja Dekat Rumah (Berkah). “Ini dalam upaya pelestarian tradisi, mengingat berbelanja di toko kelontong sarat akan nilai sosial dan ekonomi Indonesia sejak dulu,” tandasnya.(Red/Humas Prov Lampung)

Check Also

Jual Beli Kursi Empuk KPU Capai Ratusan Juta

Bandarlampung, (Media-merdeka.com)- Polda Lampung terus melakukan pemeriksaan kasus dugaan jual-beli kursi empuk komisioner KPU Kabupaten/Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *