Home / Ekonomi / Tarif Listrik Rumah Tangga Per 1 Januari Naik
Menteri ESDM Arifin Tasrif

Tarif Listrik Rumah Tangga Per 1 Januari Naik

Jakarta, (Media-merdeka.com)-Tarif listrik untuk golongan rumah tangga mampu (RTM) dengan daya 900 volt ampere (VA) akan dinaikkan. Penaikan efektif per 1 Januari 2020.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan penaikan tarif sedang dimatangkan. “Tahun depan kalau yang mampu nanti disesuaikan,” kata Arifin di Kemenko Maritim, Jakarta, kemarin.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana sudah merancang skenario penaikan tarif. Dia mengatakan, penyesuaian bisa dilakukan dengan menaikkan atau menurunkan tarif dengan pertimbangan beberapa faktor.

“Yang namanya adjustment itu-kan naik turun. Kalau naik atau turun mau sekaligus, mau bertahap, nah itu yang lagi dikaji. Apakah per bulan, per tiga bulan, per enam bulan, berapa persen kenaikannya,” kata Rida.

Rida mengatakan penyesuaian di Januari akan melihat pergerakan dari harga batu bara serta harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada tiga bulan sebelumnya. Selain itu juga mempertimbangkan daya beli masyarakat dan daya saing industri.

“Industri misalkan lagi stagnan, terus listriknya malah dinaikkan, kan mungkin kurang elok. Kan kita harus dilihat,” ujar dia.

Rida menjamin kenaiakn tarif tidak signifikan. Besarannya, bila dibagi rata-rata harian, tidak mencapai Rp1.000 per hari.

Kenaikan yang diperkirakan sekitar Rp29 ribu per bulan mengikuti biaya listrik yang dibayarkan golongan 1.300 volt ampere (VA). “Naiknya Rp29 ribu. Artinya, enggak Rp1.000 per hari kan,” kata Rida.

Menurut Rida, penaikan tarif golongan RTM 900 VA buah kesepakatan dengan Komisi VII DPR. “2020 kita dengan DPR sepakat (RTM 900 VA) tidak termasuk golongan yang tarif adjusment,” jelas dia.

Sumber : Lampos.co

Check Also

Jual Beli Kursi Empuk KPU Capai Ratusan Juta

Bandarlampung, (Media-merdeka.com)- Polda Lampung terus melakukan pemeriksaan kasus dugaan jual-beli kursi empuk komisioner KPU Kabupaten/Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *