Media Lampung | Media Merdeka http://media-merdeka.com Demokrasi Dalam Pemberitaan Sat, 14 Dec 2019 13:42:42 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.3.1 http://media-merdeka.com/wp-content/uploads/2016/08/cropped-media-merdeka-2-32x32.jpg Media Lampung | Media Merdeka http://media-merdeka.com 32 32 Komisi XI Minta Grand Design Penggantian UN http://media-merdeka.com/2019/komisi-xi-minta-grand-design-penggantian-un.html http://media-merdeka.com/2019/komisi-xi-minta-grand-design-penggantian-un.html#respond Sat, 14 Dec 2019 13:41:33 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41389 Jakarta, Media-merdeka.com- Komisi X meminta pemerintah segera menyusun grand design penggantian Ujian Nasional (UN) pada 2021. Langkah ini diperlukan agar memberikan kepastian bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Anggota Komisi X DPR Putra Nababan mengatakan grand design pendidikan agar tidak melenceng dengan hukum. “Grand design dan roadmap supaya ada kepastian karena setiap ganti menteri ganti-ganti aturannya. Jadi tidak beli kucing dalam karung, harus jelas regulasinya dan anggarannya,” ujarnya saat acara Polemik MNC Trijaya di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta, dikutip,  seperti, republika.co.idSabtu (14/12).

Hal itu menjadi perhatian agar tidak berulang kejadian di mana ketika terjadi penggantian menteri maka akan terjadi juga penggantian kebijakan dan kurikulum pendidikan. Hal ini tentu akan berdampak kepada masyarakat.

“Dalam konteks ini mempengaruhi banyak masyarakat sampai ke desa dan kampung dan lain sebagainya karena berpengaruh pada sistem pendidikan tolong jangan terlalu lama dan kalau perlu rapat tertutup dengan kami yang di DPR, kasih tahu grand design-nya,” ujarnya.

Menurutnya, jika ingin direalisasikan perlu juga kajian secara tertulis. Kajian rencana penggantian Ujian Nasional (UN) perlu dilakukan secara mendalam agar saat keputusan tersebut dilaksanakan tidak muncul polemik.

“Kami setuju saja dengan penghapusan UN. Ada tidak yang menentang UN harus tetap jalan? Tidak ada. Tapi perlu kajian tertulisnya dulu,” ucapnya.

“Jangan sampai ketika sudah diputuskan tiba-tiba kajiannya, mohon maaf, agak melenceng sedikit jadi polemik lagi,” kata dia.

Sementara Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ade Erlangga Masdiana menambahkan pihaknya masih melakukan pengkajian penghapusan UN. Sebab, masih banyak masukan berbagai pihak agar rencana ini berjalan dengan baik.

“Jadi ini sudah dikaji dengan matang dan memang ini kebijakan yang akan dikeluarkan oleh pak menteri. Tapi belum tiga bulan pak menteri sudah keluarkan,” ucapnya. (red)

 

]]>
http://media-merdeka.com/2019/komisi-xi-minta-grand-design-penggantian-un.html/feed 0
Luar Biasa, Wiyadi Reses Disambut Reog http://media-merdeka.com/2019/luar-biasa-wiyadi-reses-disambut-reog.html http://media-merdeka.com/2019/luar-biasa-wiyadi-reses-disambut-reog.html#respond Sat, 14 Dec 2019 12:59:54 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41384 Bandarlampung, (Media-merdeka.com)-Penyambutan luar biasa dilakukan warga Jalan Kulit Langkapura terhadap Ketua DPRD Kota Bandarlampung, H. Wiyadi. SP. MM. Saat tiba di lokasi reses Dapil 6 Wiyadi disambut dengan pagelaran seni budaya warga setempat yaitu Reog Ponorogo dan Kuda Lumping, Sabtu (14/12/2019).

Dalam sebutannya, Wiyadi berpesan kepada warga untuk menghidupkan berbagai kesenian dan kebudayaan.
Seni budaya yang kita saksikan saat ini adalah warisan para leluhur kita yang harus kita lestarikan bersama. “Ini sejalan dengan prinsip Trisaktinya Bung Karno, yakni kedaulatan politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan,” jelas Wiyadi.

Dalam reses tersebut ada beberapa aspirasi yang disampaikan diantaranya rencana warga membangun balai warga yang dapat dipergunakan untuk aktivitas pemuda dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Aspirasi lain yang disampaikan oleh warga antara lain, perlunya pendataan ulang penerima PKH. Warga menilai masih banyak penerima PKH yang tidak tepat sasaran.

Menanggapi berbagai aspirasi warga, Wiyadi akan berjuang untuk membawa persoalan warga pada saat rapat kerja dengan pemerintah daerah. Mengenai PKH , Wiyadi mengatakan sudah melakukan konsultasi dengan kementerian sosial terkai dengan penyaluran PKH.

“Saya sudah bertemu dengan Menteri Sosial pak Juliari Batubara dan menyampaikan persoalan data penerima PKH dan persoalannya di daerah. Oleh karena itu, mulai tahun depan akan ada pendataan ulang dan melibatkan pemerintah daerah,” kata Wiyadi.

Dalam kesempatan reses masa persidangan kesatu tahun sidang 2019-2020 ini, Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi menyerahkan secara simbolis Seragam Pemain Kuda Lumping dan Reog Ponorogo.(red/wr)

]]>
http://media-merdeka.com/2019/luar-biasa-wiyadi-reses-disambut-reog.html/feed 0
SDN 1 Triharjo, Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional http://media-merdeka.com/2019/sdn-1-triharjo-raih-penghargaan-adiwiyata-nasional.html http://media-merdeka.com/2019/sdn-1-triharjo-raih-penghargaan-adiwiyata-nasional.html#respond Sat, 14 Dec 2019 10:04:18 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41379 Lamsel, (media-merdeka.com)- Kabupaten Lampung Selatan tidak pernah putus dari prestasi. Berbagai penghargaan mulai dari tata kelola keuangan, pelayanan publik, hingga inovasi terus diraih kabupaten di bawah kepemimpinan Plt Bupati H. Nanang Emanto.

Kali ini, penghargaan datang dibidang lingkungan. Dimana SDN 1 Triharjo Kecamatan Merbau Mataram yang mewakili Kabupaten Lampung Selatan, berhasil memperoleh penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri LHK, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc dalam acara penganugerahan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2019, di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, pada Jum’at (13/12/2019).

Menteri LHK, Siti Nurbaya menjelaskan, di tahun 2019 sudah 1.372 sekolah yang diusulkan dinas LHK yang terdiri dari 1.196 sekolah negeri dan 176 sekolah swasta dari 256 kota/kabupaten di 32 provinsi dalam program Adiwiyata Nasional.

Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah di Indonesia yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui penerapan perilaku ramah lingkungan hidup oleh warga sekolah.

Selain itu, penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup disekolah, lingkungan sekitarnya dan daerah. “Penghargaan ini sebagai tanggung jawab agar para kepala sekolah dan jajarannya bekerja lebih keras dan lebih cerdas untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih berkelanjutan,” kata Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam sambutannya saat membuka acara tersebut.

Disisi lain, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan, Feri Bastian mengatakan, program Adiwiyata sangat dibutuhkan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Dia menjelaskan, terdapat empat komponen kebijakan yang dinilai dalam program Adiwiyata. Yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, kebijakan dalam pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kebijakan dalam mengelola kegiatan lingkungan berbasis partisipasi serta kebijakan dalam pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan.

Diamana menurutnya, SDN 1 Triharjo dinilai mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, dan mampu mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka selama tiga tahun berturut-turut. “Sebelum mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, SDN 1 Triharjo Kecamatan Merbau Mataram sudah tiga kali mendapatkan penghargaan yang sama di tingkat provinsi,” terang Feri Bastian.

Dia pun berharap, penghargaan yang diraih SDN 1 Triharjo dapat memberikan motivasi dan semangat bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. “Minimal sekolah yang lain turut peduli terhadap lingkungan sekolahnya. Mengingat betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup disekolah kita,” tandasnya.

Seperti diketahui, Adiwiyata merupakan pendidikan lingkungan hidup. Adapun sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan.

Diketahui, sebanyak 434 sekolah yang terdiri dari 376 sekolah negeri dan 58 sekolah swasta dari 164 kota/kabupaten berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri.

Rinciannya 333 sekolah mendapatkan Adiwiyata Nasional dan 101 sekolah mendapatkan Adiwiyata Mandiri 2019 yang berasal dari 32 provinsi di seluruh Indonesia.

]]>
http://media-merdeka.com/2019/sdn-1-triharjo-raih-penghargaan-adiwiyata-nasional.html/feed 0
Bunda Eva : Lomba Koreografi, Untuk Melatih dan Mengajarkan Rasa Kepedulian kepada Sesama http://media-merdeka.com/2019/bunda-eva-lomba-koreografi-untuk-melatih-dan-mengajarkan-rasa-kepedulian-kepada-sesama.html http://media-merdeka.com/2019/bunda-eva-lomba-koreografi-untuk-melatih-dan-mengajarkan-rasa-kepedulian-kepada-sesama.html#respond Sat, 14 Dec 2019 09:29:12 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41375 Bandarlampung, (Media-merdeka.com)- Kwartir cabang (kwarcab) Kota Bandarlampung menggelar lomba koreografi Indonesia menari yang melibatkan pelajar SD, SMP dan SMA serta SMK si Stadion Pahoman selama satu hari.

“Kegiatan ini diadakan untuk memperebutkan piala bergilir Kwarcab Bandarlampung serta bertujuan melatih moral siswa dan menciptakan kekompakan berkompetisi dalam meraih prestasi,” kata Ketua Kwarcab Bandarlampung Eva Dwiana, di Bandarlampung, Sabtu, (14/12).

Selain itu, lomba ini juga untuk melatih dan mengajarkan serta menumbuhkan kepada para peserta tentang rasa kepedulian kepada sesama dari lingkup yang paling kecil yakni teman satu regunya.

Eva pun berharap dengan digelarnya kegiatan tersebut, anak-anak di Kota Bandarlampung mampu menjalankan suatu tugas ringan dengan kebersamaan dan kekompakan yang terbangun lewat lomba ini.

“Dengan terus mengasah kekompakkan artinya kita terus mengajarkan kepada anak-anak ini rasa persatuan dan memiliki satu sama lain. Artinya apa semua dapat kita raih selagi kita bersatu, dan kompak,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini terbagi menjadi tiga kategori yakni penggalang untuk SD dan SMP,  lalu ada penegak dan pandega yang akan diikuti oleh peserta SMA/SMK.

“Tidak hanya itu lomba ini juga melibatkan sejumlah perguruan tinggi dan para pembina pramuka di sekolah,” jelasnya.

Istri Wali Kota Bandarlampung Herman HN ini juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga untuk menjaring bakat anak-anak dan mungkin ke depannya mereka dapat mewakili Lampung pada event nasional

“Bila sudah sering dan terbiasa lomba di luar sekolah, serta dapat memahami suasana dan aturan, bisa jadi mereka akan berprestasi di kancah nasional dan mengharumkan nama Lampung,” katanya lagi.(red/ant)

]]>
http://media-merdeka.com/2019/bunda-eva-lomba-koreografi-untuk-melatih-dan-mengajarkan-rasa-kepedulian-kepada-sesama.html/feed 0
Jelang Sertijab, Tim Korem 043 Verifikasi di Kodim 0422 http://media-merdeka.com/2019/jelang-sertijab-tim-korem-043-verifikasi-di-kodim-0422.html http://media-merdeka.com/2019/jelang-sertijab-tim-korem-043-verifikasi-di-kodim-0422.html#respond Sat, 14 Dec 2019 07:25:07 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41372 Lambar, Media-merdeka.com-Kepala Seksi Personil Korem 043/Gatam Gatam Letkol Inf Triwidarbo selaku Ketua Tim Verifikasi beserta Pasi Log Korem 043 Mayor Inf Anwar, S.E, Pasi Komsos Siter Korem 043/Gatam Mayor Inf Darul Quthni, S.AG., dan 7 (tujuh) orang anggota melaksanakan Verifikasi Ke Kodim 0422/LB, Tim Verifikasi tiba di makodim jum’at (13/12) langsung disambut Dandim 0422/LB Letkol Kav Adri Nurcahyo S.T.,M.S.i., beserta perwira staf jajaran Kodim.

Dalam sambutannya Ketua Tim Verifikasi Letkol Inf Triwidarbo, menyampaikan “ Adapun Yang menjadi objek verifikasi kali ini adalah semua fungsi yang berkaitan dalam tugas tugas Kodim yang sudah berjalan, berikut Barang Barang Inventaris Kodim, termasuk didalamnya fungsi utama sebagai Kekuatan pertahanan, fungsi organik Militer serta fungsi organik pembinaan satuan “,

“ Selain dari pada itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk memverifikasi laporan yang dibuat Kodim 0422/LB dalam rangka kesiapan serah terima jabatan Komandan Kodim 0422/Lampung Barat, sekaligus kami akan mencocokan data pada setiap kegiatan, untuk memperoleh hasil laporan yang valid “ ucap Letkol Inf Triwidarbo

Lebih lanjut Ketua Tim menyampaikan, “ Tujuan lain dari verifikasi ini adalah untuk menginventarisir kekuatan Kodim baik dari sisi personel, logistik, pangkalan dll, hal ini dilakukan agar pada saat diserah terimakan dengan pejabat baru tidak terjadi kekurangan ataupun kelebihan, selanjutnya, hasil verifikasi ini akan dilaporkan ke Komandan Korem 043/Gatam “ Tutup Kertua Tim.

]]>
http://media-merdeka.com/2019/jelang-sertijab-tim-korem-043-verifikasi-di-kodim-0422.html/feed 0
Wasis Sebut Penghapusan UN Mudahkan Pemda http://media-merdeka.com/2019/wasis-sebut-penghapusan-un-mudahkan-pemda.html http://media-merdeka.com/2019/wasis-sebut-penghapusan-un-mudahkan-pemda.html#respond Fri, 13 Dec 2019 13:14:02 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41368 Serang, Media-merdeka.com- Rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) yang santer digaungkan Mendikbud Nadiem Makarim mendapat banyak tanggapan dari berbagai elemen. Apresiasi ditunjukkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang, Wasis Dewanto atas rencana ini.

Wasis menyebut penghapusan UN akan memudahkan pihaknya dalam penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hal ini karena pelaksanaan UN sebelumnya membutuhkan fasilitas komputer yang tidak semua sekolah memiliki perangkat tersebut secara lengkap.

“Tentu kita ikuti, penghapusan ini justru menguntungkan kita. Kelemahan kita kan UN itu selalu diharapkan agar berbasis komputer atau UNBK, sementara fasilitas komputer kita terbatas. Komouter itu kan nggak murah, jadi kalau UN dihapus kita bisa melakukan langkah-langkah yang sesuai fasilitas sekolah,” ucap Wasis Dewanto beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ujian nasional saat ini juga sudah berubah fungsi, yaitu bukan lagi menjadi penentu kelulusan siswa seperti yang terjadi dulu, tapi sebagai wadah evaluasi belajar siswa. Kelulusan siswa saat ini juga telah diukur dengan sistem yang lebih baik dan membuat peserta didik tidak tertekan.

Namun menurutnya ujian tetap harus dilakukan untuk memotivasi siswa supaya tetap giat belajar. Adanya ujian menurutnya penting sebagai momen evaluasi belajar para murid di sekolah.

“Ujian sekolah tetap dilaksanakan nggak mungkin hilang. Ujian kan buat siswa supaya bersemangat, hanya saja fungsinya yang berubah, supaya jangan jadi alat untuk menekan siswa,” kata dia.

]]>
http://media-merdeka.com/2019/wasis-sebut-penghapusan-un-mudahkan-pemda.html/feed 0
UN Dihapus Tahun 2021, IGI: Sebetulnya Sangat Terlambat http://media-merdeka.com/2019/un-dihapus-tahun-2021-igi-sebetulnya-sangat-terlambat.html http://media-merdeka.com/2019/un-dihapus-tahun-2021-igi-sebetulnya-sangat-terlambat.html#respond Fri, 13 Dec 2019 13:05:49 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41364 Jakarta, Media-merdeka.com — Ikatan Guru Indonesia (IGI) memandang penghapusan Ujian Nasional (UN) mulai tahun 2021 sesungguhnya sudah sangat terlambat. Ketua IGI M Ramli Rahim menilai, UN sudah seharusnya dihapuskan mulai 2020 ini. Hal ini karena UN selama ini lebih banyak mudharatnya dibanding manfaatnya. Bahkan siswa dinilai tidak menemukan manfaat sama sekali dari UN.

“Bagi ikatan guru Indonesia UN bukan hanya tidak banyak bermanfaat tetapi justru berpartisipasi terhadap menurunnya kualitas siswa Indonesia,” ujar Ramli Rahim, seperti dikutip, dalam  Republika.co.id, Jumat (13/12).

Ramli mengungkapkan, IGI sudah lebih dari 10 tahun memperjuangkan penghapusan UN bahkan harus menerbitkan buku yang berjudul Buku Hitam Ujian Nasional. Beberapa hari yang lalu data PISA kembali mempermalukan Indonesia bukan hanya sekedar berada di papan bawah tetapi skoringnya pun mengalami penurunan.

Keberadaan UN, Ramli mengatakan, mengakibatkan siswa dan guru-guru lebih fokus menghadapi UN dibanding mempersiapkan kemampuan siswa. “Ujian Nasional jauh lebih penting daripada bakat, kemampuan nalar, kemampuan sosial dan kepribadian serta kemampuan dasar siswa,” tutur Ramli.

Dia mengatakan, UN selama ini hanya menghidupkan bimbingan-bimbingan belajar dan dengan demikian tes di sekolah-sekolah. Menurutnya, bimbingan-bimbingan ini tentu saja bukan melatih siswa agar memiliki kemampuan nalar yang baik. Bukan pula melatih siswa untuk memiliki kemampuan analisa yang tinggi tetapi lebih pada kemampuan siswa untuk mampu menjawab soal dengan benar tanpa harus memahami isi soalnya.

Oleh karena itu kemudian UN dinilai justru berpartisipasi terhadap rendahnya kemampuan literasi, kemampuan matematika dan kemampuan sains anak didik kita. “Karena fokusnya bagaimana mendapatkan jawaban yang benar maka cara-cara praktis ditempuh dan ini mengakibatkan kemampuan siswa jauh menurun,” jelasnya.

Di sisi lain UN membutuhkan anggaran yang begitu besar, meskipun tidak lagi menggunakan kertas. Tahun 2019 Kemendikbud masih menganggarkan Rp 210 miliar untuk pelaksanaan UN. Ramli mengatakan, andai saja Rp 210 miliar ini digunakan untuk pengangkatan guru, pemerintah akan mampu mengangkat 3500 guru dengan pendapatan rata-rata Rp 5 juta per bulan.

Ramli mengatakan, jangan menyangka bahwa anggaran yang digunakan untuk UN hanya berasal dari anggaran Kemdikbud. Bisa dibayangkan berapa banyak uang yang dikeluarkan oleh orang tua siswa untuk mempersiapkan anaknya untuk menghadapi ujian nasional yang tidak banyak berguna itu.

Mulai dari bimbingan belajar membeli buku paket belajar kemudian biaya transportasi bimbingan belajar kemudian paket data untuk belajar online. Sekali lagi, dana-dana itu digunakan bukan untuk membangun kecerdasan dan daya nalar, tetapi lebih pada upaya mendapatkan nilai yang baik meskipun dengan cara yang sangat opportunis.

Dia menilai, jika disebut bahwa UN adalah untuk pemetaan pendidikan Indonesia kita pun tidak menemukan adanya tindak lanjut dari pemerintah terhadap nilai UN ini. “Kita tidak menemukan ada upaya pemerintah untuk mengintervensi daerah-daerah yang nilai ujian nasionalnya paling rendah sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap keterbelakangan pendidikan, sehingga memang semakin nampak bahwa UN ini tidak dibutuhkan sama sekali,” kata Ramli. (red)

]]>
http://media-merdeka.com/2019/un-dihapus-tahun-2021-igi-sebetulnya-sangat-terlambat.html/feed 0
UN Dihapus, Pemerintah Harus Siapkan Peta Jalan Pendidikan http://media-merdeka.com/2019/un-dihapus-pemerintah-harus-siapkan-peta-jalan-pendidikan.html http://media-merdeka.com/2019/un-dihapus-pemerintah-harus-siapkan-peta-jalan-pendidikan.html#respond Fri, 13 Dec 2019 12:51:12 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41357 Jakarta, Media-merdeka.com- Penghapusan ujian nasional (UN) menjadi angin segar dalam dunia pendidikan. Meski demikian, menurut pengamat pendidikan Cecep Darmawan, penghapusan saja tidak cukup. Cecep menyebut, pemerintah harus membuat roadmap.

“Jadi, walaupun ini kabar baik untuk membenahi sistem pendidikan, selayaknya pemerintah membuat semacam roadmap agar sistem pendidikan ini komprehensif,” ujar Cecep seperti dikutip, Republika.co.id, Jumat (13/12).
Cecep menjelaskan, bila melihat sistem pendidikan di dalam peraturan perundang-undangan ada delapan standar yang harus terpenuhi. Salah satunya adalah standar penilaian.
“Jadi, membenahi standar penilaian saja belum cukup, harus membenahi standar-standar lain, (seperti) kurikulum, proses pembelajaran, standar lulusan, gurunya, sarana prasarana, pembiayaan, dan lainnya,” kata Cecep.
Oleh karena itu, Cecep meminta agar Mendikbud Nadiem Makarim dapat membuat tim untuk melakukan pembenahan sistem pendidikan tersebut. Misalnya, tim pembenahan ini akan bekerja selama jangka waktu tertentu.
“Sehingga nanti sasaran target itu mencapai ke sana. Sekarang itu seakan-akan perbaikan itu tambal sulam, yang ini diperbaiki yang ini terabaikan,” ujarnya.
Masih menurut Cecep, dalam sistem pendidikan di Indonesia masih ada disparitas antara Jawa dan luar Jawa atau kota dengan desa. Meskipun negara membuat soal UN sama alias terstandar, standar-standar lainnya tidak ditetapkan, misalnya, sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah untuk menunjang pendidikan antara kota dan desa berbeda.
“Jadi, soal UN sama, tapi input dari siswanya diprosesnya tidak sama, mendapat fasilitas pendidikannya tidak sama. Ini tidak adil,” katanya.
Menurut dia, kebijakan pemerintah akan mengevaluasi UN sebagai kabar baik bagi dunia pendidikan. Dengan syarat, pemerintah harus juga konsisten menerapkan delapan standar pendidikan nasional sehingga tidak hanya fokus pada standar penilaian.
“Kalau sudah distandar dengan baik nanti soal UN seperti apa, kemudian sistem rekrutmen PPDB seperti apa enggak ada soal, sekarang pembenahannya harus radikal,” ujarnya.(red)

]]>
http://media-merdeka.com/2019/un-dihapus-pemerintah-harus-siapkan-peta-jalan-pendidikan.html/feed 0
Pemerintah Berencana Hapus UN, Ini Usul IGI Pusat http://media-merdeka.com/2019/pemerintah-berencana-hapus-un-ini-kata-usul-igi.html http://media-merdeka.com/2019/pemerintah-berencana-hapus-un-ini-kata-usul-igi.html#respond Fri, 13 Dec 2019 12:47:45 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41353 Jakarta, Media-merdeka.com- Pemerintah berencana akan menghapus ujian nasional (UN) pada tahun 2021. Dalam hal ini Ikatan Guru Indonesia (IGI) mengusulkan dibuatkan sistem portofolio pencapaian siswa hingga akhir pendidikan sebagai pengganti penilaian dari UN.

Ketua IGI M Ramli Rahim menjelaskan, sistem portofolio ini merupakan tempat dimana catatan siswa tersimpan sejak mulai pertama kali masuk sekolah sampai kemudian tamat dari sana. “Dari situ dapat terlihat dengan jelas bakat minat dan kemampuan siswa serta pencapaian pencapaian mereka mulai dari sejak pertama masuk sekolah hingga mereka menamatkan pendidikannya,” ujar Ramli seperti dikutip, Republika.co.id, Jumat (13/12).

Menurutnya, khusus untuk pemetaan kebutuhan pemerintah terhadap dunia pendidikan hal ini bisa dilakukan tanpa harus melibatkan seluruh siswa, tetapi cukup dengan menggunakan sampel dan data statistik yang sangat baik. Dia menilai hasilnya akan tetap baik dan terlihat dengan data statistik yang baik.

Ikatan Guru Indonesia terus mendorong pemerintah agar kegiatan-kegiatan yang tidak banyak bermanfaat terhadap siswa dihapuskan dan digunakan untuk pengangkatan guru. Meskipun dinilai terlambat, IGI mendukung adanya penghapusan UN ini, karena dinilai tidak memiliki manfaat signifikan dalam mendidik siswa.

Sekedar informasi bahwa 52 persen guru kita di Indonesia statusnya sudah tidak jelas pendapatannya, juga tidak jelas karir mereka. “Oleh karena itu, pemerintah seharusnya lebih fokus untuk mencukupkan guru di seluruh Indonesia dibanding sibuk dengan ujian nasional atau hal-hal yang tidak diperlukan oleh anak didik kita,” kata Ramli. (red)

]]>
http://media-merdeka.com/2019/pemerintah-berencana-hapus-un-ini-kata-usul-igi.html/feed 0
Peringati Hari Juang TNI AD, Korem 043/Gatam Panjatkan Do a Bersama http://media-merdeka.com/2019/peringati-hari-juang-tni-ad-korem-043-gatam-panjatkan-do-a-bersama.html http://media-merdeka.com/2019/peringati-hari-juang-tni-ad-korem-043-gatam-panjatkan-do-a-bersama.html#respond Fri, 13 Dec 2019 09:07:28 +0000 http://media-merdeka.com/?p=41349 Bandarlampung, Mediamerdeka-com,-Komandan Korem 043/Garuda HItam Kolonel Inf Taufiq Hanafi, bersama Prajurit dan PNS Korem 043/Gatam dan Jajaran Jum’at (13/12) pukul 10.30 WIB mengikuti Do’a bersama dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2019 bertempat di Masjid Al-Ikhlas Korem 043/Gatam Jl. Teuku Umar Kecamatan Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung, dengan tema ” TNI AD adalah Kita “.

Do’a bersama dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2019, dihadiri Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes, Kasrem 043/Gatam Letkol Czi Mulyadi, S.Ip, Ketua Persit KCK Koorcabrem 043 PD II/Swj Ny. Rica Taufik Hanafi, Para Dansatdisjan jajaran Korem 043/Gatam, Danyonif 143/TWEJ Mayor Inf Triano Iqbal, Para Kasi/Pasi Korem 043/Gatam, Para Kabalak Korem 043/Gatam, Ibu ibu Persit, dan 250 orang Prajurit, PNS dan ibu ibu Persit jajaran Korem 043/Gatam, yang di Imami Ustad Solihin dari MUI Provinsi Lampung,

Di kesempatan tersebut Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Taufiq Hanafi, menyampaikan “ Selaku Komandan Korem 043/Gatam dan pribadi, saya ucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ustadz Solihin dan Jamaah Masjid Al-Ikhlas yang telah berkenan hadir dan meluangkan waktu untuk dapat hadir pada kegiatan Do’a bersama ini “,

“ Hadirin yang saya hormati acara Do’a bersama ini, merupakan bagian dari memelihara semangat dan sikap upaya kita selaku patriotisme, sekaligus diharapkan menjadi bagian dari penyempurnaan amal ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa “

Lebih lanjut Danrem menyampaikan, “ Hari Juang TNI AD yang kita peringati kali ini, mengambil Thema TNI AD adalah Kita, untuk itu mari kita maknai bersama tema ini, walaupun TNI AD telah tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang modern dan profesional, namun tidak boleh meninggalkan jati dirinya sebagai Tentara Rakyat, nilai-nilai Kemanunggalan dengan rakyat yang terkandung dalam peristiwa sejarah Palagan Ambarawa, layaknya senantiasa kita tanamkan dalam gerak pengabdian setiap Prajurit Korem 043/Gatam “ Tegas Danrem 043/Gatam.

]]>
http://media-merdeka.com/2019/peringati-hari-juang-tni-ad-korem-043-gatam-panjatkan-do-a-bersama.html/feed 0