Home / Hukum / Waykanan Banyak Desa Tertinggal

Waykanan Banyak Desa Tertinggal

Way kanan,(Media-merdeka.com)-Semenjak Tahun 1999 pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara, dari 221 Kampung/Desa,yang tersebar di 14 Kecamatan ternyata masih banyak kampung yang tertinggal. Dari 6 kampung tertinggal bahkan hingga 10 kampung tertinggal yang terletak di 4 Kecamatan.

6 Kampung/Desa sangat tertinggal yaitu Kecamatan Blmbangan Umpu, Kampung Tanjung Raja Sakti, Kampung Segara Midar, Kampung Tanjung Raja Giham dan Kampung Negeri Batin kecamatan Pakuan Ratu,Kampung Gunung Cahya Negara batin,Kampung Karta Jaya.

Sekretaris Dinas Pemerintah Desa Provinsi Lampung, Syifa Aini mengatakan 6 kampung/desa sangat tertinggal merupakan keputusan dari kementrian desa berdasarkan index desa membangun yang datanya di dapatkan berdasarkan laporan pendamping desa.

“Pemerintah Provinsi Lampung Bersama Kementrian dan Pemerintah Daerah bekerja sama untuk menuntaskan permasalahan desa sangat tertinggal menuju desa tertinggal, berkembang,maju dan Mandiri,” jelasnya Rabu (6/11/2019.)

“Program Desa Berjaya yang menjadi program prioritas Gubernur Lampung untuk memenuhi salah satu janji Politik nya, di Kabupaten Way Kanan saat ini hanya kita survei dan sosialisasi terlebih dahulu terhadap beberapa kampung yang sangat tertinggal dan tertinggal yang pada anggaran 2020 PMD akan bekerja sama dengan OPD untuk menuntaskan 16 kampung yang menjadi prioritas,” tambahnya.

Kepala Kampung Daerah sangat Tertinggal yaitu Kampung Tanjung Raja Sakti Yan Mintarsih mengatakan sebenarnya menginginkan kampung kami ini tidak lagi menjadi kampung sangat tertinggal namun. Menurutnya, upaya selaku kepala kampung dan masyarakat.

“Sebab memang fakta nya seperti itu ada beberapa faktor yang menyebabkan kami menjadi kampung sangat tertinggal yaitu SDM masyarakat, rata pendidikan, lembaga pendidikan hanya sampai SD, dan pelayanan kesehatan hanya memiliki bidan desa tidak ada Puskesmas dan masih banyak rumah warga yang belum teraliri listrik mungkin itulah faktor penyebab nya,ada juga jalan Kabupaten dan Provinsi yang masih Tanah,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui program desa berjaya dari provinsi dan bantuan pemerintah daerah kabupaten way kanan kampung tanjung raja sakti dan kampung lain yang menjadi daerah sangat.

“Kegiatan Sosialisasi Program Desa Berjaya Dari Provinsi di hadiri oleh Sekretaris PMD Provinsi,Syifa Aini,Kabid Kelembagaan PMD,Yulia,sekretaris PMK,Iwan Setiawan dan Sekretaris Camat Blambangan Umpu,Satria,kegiatan sosialisasi di laksanakan di Kampung Tanjung Raja Sakti,” pungkasnya. (nusi)

Check Also

Anggota Korem 043/Gatam Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani

Bandarlampung, Media+Merdeka.com-Prajurit TNI Korem 043/Gatam melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II Ta 2019 bertempat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *