Media Lampung | Media Merdeka https://media-merdeka.com Demokrasi Dalam Pemberitaan Tue, 12 Nov 2019 03:04:05 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.4 https://media-merdeka.com/wp-content/uploads/2016/08/cropped-media-merdeka-2-32x32.jpg Media Lampung | Media Merdeka https://media-merdeka.com 32 32 Peringati HUT Ke-41, PD VIII KB FKPPI Lampung Ziarah Ke Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II https://media-merdeka.com/2019/peringati-hut-ke-41-pd-viii-kb-fkppi-lampung-ziarah-ke-makam-pahlawan-nasional-radin-inten-ii-2.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=peringati-hut-ke-41-pd-viii-kb-fkppi-lampung-ziarah-ke-makam-pahlawan-nasional-radin-inten-ii-2 https://media-merdeka.com/2019/peringati-hut-ke-41-pd-viii-kb-fkppi-lampung-ziarah-ke-makam-pahlawan-nasional-radin-inten-ii-2.html#respond Tue, 12 Nov 2019 03:04:05 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40421 Lampung Selatan, Media-Merdeka.com– Keluarga Besar Pengurus Daerah VIII FKPPI Provinsi Lampung (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-POLRI), melaksanakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (9/11/2019).

Kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) FKPPI Ke-41 dan Hari Pahlawan Tahun 2019 dengan Tema : Bersatu dan Berdaulat tersebut, diikuti sekitar 500 Personel PD VIII KB FKPPI Lampung yang mengenakan seragam lengkap, beserta peserta upacara lainnya yang mengenakan seragam organisasi masing-masing, yaitu PD AMPG Provinsi Lampung (Angkatan Muda Partai Golkar), DPC GRANAT Kabupaten Lampung Selatan (Gerakan Nasional Anti Narkotika), Pengda BKC Lampung (Bandung Karate Club), mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dipusatkan dilapangan Komplek Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dewan Penasehat PD VIII KB FKPPI Lampung yang saat ini dipercaya sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Ir.H.Hanan A.Rozak,MS, hadir juga perwakilan Dandim 0421 Lampung Selatan, perwakilan Danlanal, perwakilan Polres Lampung Selatan, Pangeran Susuhunan Sampurna Jaya, Sai Batin Marga Katibung Perwakilan dari Keratuan Darah Putih Budiman Yaqub, DPD PPM (Pemuda Panca Marga) Provinsi Lampung, PRAMUKA Kwarcab Lampung Selatan, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Lampung Selatan, Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) Kabupaten Lampung Selatan, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana HUT FKPPI Ke-41 Hj. Adrina Yustitia, SE.,MM didampingi Sekretaris Panitia Fristiana Diansasy Anggraini,SE mengatakan, Kegiatan upacara Ziarah dan Tabur Bunga di makam Pahlawan Nasional Radin Inten II merupakan awal dari rangkaian acara kegiatan dalam rangka Peringatan HUT FKPPI Ke-41 Tahun 2019.

Hj.Adrina Yustitia mengatakan kegiatan ini juga merupakan wujud penghargaan dan penghormatan Keluarga Besar FKPPI atas jasa dan perjuangan Pahlawan Nasional Radin Inten II, serta untuk mewariskan dan melestarikan jiwa juang, semangat juang, dan nilai-nilai kejuangan Pahlawan Nasional Radin Inten II kepada generasi penerus perjuangan Bangsa.

“PD VIII KB FKPPI Lampung juga akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya, Pemberian Piagam Penghargaan kepada Anggota FKPPI yang telah memberikan Pengabdian dan Darma Bhaktinya kepada FKPPI selama 32 Tahun dan 36 Tahun dalam bentuk Piagam Penghargaan Kesetiaan, Bhakti Sosial kepada Kaum Dhuafa, Yayasan Yatim Piatu dan Warakawuri, Khitanan Massal, Donor Darah, dan terakhir puncak acara Resepsi HUT FKPPI Ke-41 dan Hari Pahlawan Tahun 2019, dan seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara sederhana namun bermakna,” ujar Hj.Adrina Yustitia.

Sementara dalam kegiatan tersebut, selaku Inspektur Upacara Ketua PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung H.Tony Eka Candra Kepada awak media menyampaikan, ucapan terima kasih dan bangga terhadap segenap Jajaran Dewan Pembina FKPPI dari TNI dan POLRI yang telah melakukan pembinaan kepada Keluarga Besar FKPPI Lampung selama ini.

“Di Indonesia tidak kurang dari 20 Juta Anggota FKPPI, dan di Provinsi Lampung lebih dari 240 Ribu Anggota FKPPI, dimana Anggotanya terdiri dari berbagai latar belakang dan asal usul yang berbeda-beda, baik perbedaan latar belakang Politik, Profesi, Usia, Suku, maupun Agama. Potensi kekuatan yang besar ini apabila tidak diarahkan untuk melakukan pencapaian tujuan bersama secara positif, maka masing-masing Anggotanya hanya akan melakukan aktifitas sesuai dengan kepentingan kelompok atau golongan tertentu saja, sebab itu organisasi sebagai alat pemersatu dan alat untuk mencapai tujuan bersama, tentunya membutuhkan soliditas, loyalitas, kesiapan dan kebersamaan seluruh Pengurus dan Anggota dalam menjalankan tugasnya untuk dapat mengabdi bagi kepentingan bersama, dan FKPPI tidak kemana-mana tetapi ada dimana mana,” imbuh Tony, yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Lampung ini.

Pemegang Sabuk Hitam tertinggi DAN VI Karateka ini juga menekankan kepada Keluarga Besar PD VIII KB FKPPI Lampung untuk meningkatkan kualitas, memiliki semangat dan komitmen cita-cita bangsa, menjaga dan memperkokoh kebhinekaan, menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa menuju masyarakat aman, maju, mandiri, adil makmur dan sejahtera, berkeadilan, berdaya saing dan bermartabat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Tony yang juga Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Lampung mengajak kepada seluruh Keluarga Besar FKPPI Lampung, untuk terus meningkatkan konsolidasi organisasi, kekompakan Anggota, dan turut serta menciptakan suasana tertib, aman, dan damai, menjunjung tinggi nilai budaya dan kearifan lokal dengan tetap menjaga soliditas, mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara, serta bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagai anak kandung TNI-POLRI yang mengalir darah pejuang, Anggota FKPPI harus siap berada digarda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman yang akan mengganggu persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, terutama dalam menghadapi setiap ancaman yang akan membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anggota FKPPI harus terus mewarisi dan melestarikan jiwa, semangat, nilai dan cita cita juang para patriot Bangsa, dan meneruskan amal usaha TNI-POLRI. Selamat Ulang Tahun FKPPI Ke-41 Tahun 2019, Bersatu dan Berdaulat, Jayalah FKPPI,” pungkas Tony.(*)

]]>
https://media-merdeka.com/2019/peringati-hut-ke-41-pd-viii-kb-fkppi-lampung-ziarah-ke-makam-pahlawan-nasional-radin-inten-ii-2.html/feed 0
Anggota Korem 043/Gatam Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani https://media-merdeka.com/2019/anggota-korem-043-gatam-laksanakan-tes-kesegaran-jasmani.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=anggota-korem-043-gatam-laksanakan-tes-kesegaran-jasmani https://media-merdeka.com/2019/anggota-korem-043-gatam-laksanakan-tes-kesegaran-jasmani.html#respond Tue, 12 Nov 2019 01:33:30 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40416 Bandarlampung, Media+Merdeka.com-Prajurit TNI Korem 043/Gatam melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II Ta 2019 bertempat di Stadion Pahoman Bandar Lampung,Selasa (9/10).

Sebelum dilaksanakan Tes Kesegaran Jasmani, terlebih dahulu seluruh Prajurit TNI harus melakukan pemeriksaan Tensi oleh tim dari RS DKT Bandar Lampung Bagi prajurit yang Tensinya normal dan memenuhi syarat, dapat melanjutkan Tes Kesegaran Jasmani, bila Tensinya belum normal, tes akan diulang hari berikutnya. Selanjutnya melaksanakan Senam Pemanasan dengan mengikuti gerakan Instruktur dari anggota jasrem 043/Gatam.

Tes kesegaran jasmani periodik bagi prajurit ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dua kali dalam setahun. Guna untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus untuk mengukur kemampuan fisik prajurit secara berkala.

Tes Garjas periodik merupakan program rutin bagi tiap prajurit, dilaksanakan untuk melihat tingkat keberhasilan pembinaan fisik. Pembinaan fisik yang dilakukan secara rutin sangat membantu dalam melaksanakan tes Garjas kapanpun dilaksanakan.

Tes Garjas Periodik tersebut meliputi tes kesegaran “A” yaitu lari 12 menit dan tes kesegaran “B” Pull Up, Sit Up Twist, Push Up, Lunges, Shuttle Run, serta renang gaya bebas jarak 50 meter.

]]>
https://media-merdeka.com/2019/anggota-korem-043-gatam-laksanakan-tes-kesegaran-jasmani.html/feed 0
Sekdaprov Fahrizal Isi Kuliah Umum Peran Insinyur di Era 4.0 https://media-merdeka.com/2019/sekdaprov-fahrizal-isi-kuliah-umum-peran-insinyur-di-era-4-0.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=sekdaprov-fahrizal-isi-kuliah-umum-peran-insinyur-di-era-4-0 https://media-merdeka.com/2019/sekdaprov-fahrizal-isi-kuliah-umum-peran-insinyur-di-era-4-0.html#respond Tue, 12 Nov 2019 00:29:52 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40412 Bandarlampung, Media-merdeka.com— Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengisi kuliah umum untuk Profesi Insinyur Program Study Profesi Insinyur (PS-PPI) Universitas Lampung, di Hotel Emersia, Senin malam (11/11/2019). Pada kesempatan itu, Fahrizal memaparkan pentingnya peran Insinyur di era revolusi industri 4.0.

Menurut Fahrizal, era Revolusi industri 4.0 melanda semua bidang kehidupan. Peran insinyur sangat penting dalam program strategis pemerintah dan dibutuhkan untuk menghasilkan daya saing yang lebih baik agar mampu bersaing dikancah dunia.
“Saat ini lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI) dari Perguruan tinggi penyelenggara PS PPI sangat sedikit untuk mempersiapkan Republik Indonesia dalam menghadapi kompetisi mobilitas tenaga profesional cetak biru Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) berakhir tahun 2025 akan datang,” ujar Fahrizal .

Pada cetak biru MEA, lanjut Fahrizal, profesi insinyur merupakan satu dari delapan tenaga profesional yg berpindah antar satu negara ke negara lain di kawasan ASEAN. Setiap Insinyur masing-masing negara bisa melakukan pelayanan dan berpraktik di berbagai tempat di sepuluh negara ASEAN.

Sebagai sebuah profesi, ujar Fahrizal, Insinyur memegang peranan sangat penting dalam MEA pada masa akan datang. Hal ini berhubungan dgn kebutuhan tenaga ahli dan profesional yang akan bertanggung jawab untuk setiap pekerjaan mulai dari perancangan, konstruksi/pembangunan, operasi, perawatan maintenance, produksi, pemasaran, pengembangan, pemuliaan dan banyak lagi yg harus dilakukan dan dikerjakan oleh seorang insinyur.

“Dengan dibukanya Program Studi Profesi Insinyur di Kampus Hijau, merupakan langkah positif bagi Unila dalam berkontribusi membantu Program Strategis Pemerintah dalam memajukan Provinsi Lampung,” kata Sekdaprov.

Pada bagian lain, Sekdaprov juga mengatakan letak geografis Provinsi Lampung sangat menguntungkan dan strategis karena berada di ujung Pulau Sumatera.

“Provinsi Lampung harus melompat ke depan dengan mengembangkan inovasi dan terobosan-terobosan. Sehingga jadi peluang untuk kita berkembang lebih cepat,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Lampung Prof . Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P menyampaikan bahwa ke depan Negara Indonesia memerlukan ratusan ribu insinyur yang akan membantu menyelesaikan pembangunan di segala bidang. Sebab, menurut Hasriadi Mat Akin, ijazah saja tidak cukup. Masyarakat harus memiliki sertifikat profesi. (Humas Prov Lampung)

]]>
https://media-merdeka.com/2019/sekdaprov-fahrizal-isi-kuliah-umum-peran-insinyur-di-era-4-0.html/feed 0
Peringati HUT Ke-41, PD VIII KB FKPPI Lampung Ziarah Ke Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II https://media-merdeka.com/2019/peringati-hut-ke-41-pd-viii-kb-fkppi-lampung-ziarah-ke-makam-pahlawan-nasional-radin-inten-ii.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=peringati-hut-ke-41-pd-viii-kb-fkppi-lampung-ziarah-ke-makam-pahlawan-nasional-radin-inten-ii https://media-merdeka.com/2019/peringati-hut-ke-41-pd-viii-kb-fkppi-lampung-ziarah-ke-makam-pahlawan-nasional-radin-inten-ii.html#respond Mon, 11 Nov 2019 18:31:49 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40403 Lampung – Keluarga Besar Pengurus Daerah VIII FKPPI Provinsi Lampung (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-POLRI), melaksanakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (9/11/2019).

Kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) FKPPI Ke-41 dan Hari Pahlawan Tahun 2019 dengan Tema : Bersatu dan Berdaulat tersebut, diikuti sekitar 500 Personel PD VIII KB FKPPI Lampung yang mengenakan seragam lengkap, beserta peserta upacara lainnya yang mengenakan seragam organisasi masing-masing, yaitu PD AMPG Provinsi Lampung (Angkatan Muda Partai Golkar), DPC GRANAT Kabupaten Lampung Selatan (Gerakan Nasional Anti Narkotika), Pengda BKC Lampung (Bandung Karate Club), mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dipusatkan dilapangan Komplek Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dewan Penasehat PD VIII KB FKPPI Lampung yang saat ini dipercaya sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Ir.H.Hanan A.Rozak,MS, hadir juga perwakilan Dandim 0421 Lampung Selatan, perwakilan Danlanal, perwakilan Polres Lampung Selatan, Pangeran Susuhunan Sampurna Jaya, Sai Batin Marga Katibung Perwakilan dari Keratuan Darah Putih Budiman Yaqub, DPD PPM (Pemuda Panca Marga) Provinsi Lampung, PRAMUKA Kwarcab Lampung Selatan, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Lampung Selatan, Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) Kabupaten Lampung Selatan, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana HUT FKPPI Ke-41 Hj. Adrina Yustitia, SE.,MM didampingi Sekretaris Panitia Fristiana Diansasy Anggraini,SE mengatakan, Kegiatan upacara Ziarah dan Tabur Bunga di makam Pahlawan Nasional Radin Inten II merupakan awal dari rangkaian acara kegiatan dalam rangka Peringatan HUT FKPPI Ke-41 Tahun 2019.

Hj.Adrina Yustitia mengatakan kegiatan ini juga merupakan wujud penghargaan dan penghormatan Keluarga Besar FKPPI atas jasa dan perjuangan Pahlawan Nasional Radin Inten II, serta untuk mewariskan dan melestarikan jiwa juang, semangat juang, dan nilai-nilai kejuangan Pahlawan Nasional Radin Inten II kepada generasi penerus perjuangan Bangsa.

“PD VIII KB FKPPI Lampung juga akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya, Pemberian Piagam Penghargaan kepada Anggota FKPPI yang telah memberikan Pengabdian dan Darma Bhaktinya kepada FKPPI selama 32 Tahun dan 36 Tahun dalam bentuk Piagam Penghargaan Kesetiaan, Bhakti Sosial kepada Kaum Dhuafa, Yayasan Yatim Piatu dan Warakawuri, Khitanan Massal, Donor Darah, dan terakhir puncak acara Resepsi HUT FKPPI Ke-41 dan Hari Pahlawan Tahun 2019, dan seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara sederhana namun bermakna,” ujar Hj.Adrina Yustitia.

Sementara dalam kegiatan tersebut, selaku Inspektur Upacara Ketua PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung H.Tony Eka Candra Kepada awak media menyampaikan, ucapan terima kasih dan bangga terhadap segenap Jajaran Dewan Pembina FKPPI dari TNI dan POLRI yang telah melakukan pembinaan kepada Keluarga Besar FKPPI Lampung selama ini.

“Di Indonesia tidak kurang dari 20 Juta Anggota FKPPI, dan di Provinsi Lampung lebih dari 240 Ribu Anggota FKPPI, dimana Anggotanya terdiri dari berbagai latar belakang dan asal usul yang berbeda-beda, baik perbedaan latar belakang Politik, Profesi, Usia, Suku, maupun Agama. Potensi kekuatan yang besar ini apabila tidak diarahkan untuk melakukan pencapaian tujuan bersama secara positif, maka masing-masing Anggotanya hanya akan melakukan aktifitas sesuai dengan kepentingan kelompok atau golongan tertentu saja, sebab itu organisasi sebagai alat pemersatu dan alat untuk mencapai tujuan bersama, tentunya membutuhkan soliditas, loyalitas, kesiapan dan kebersamaan seluruh Pengurus dan Anggota dalam menjalankan tugasnya untuk dapat mengabdi bagi kepentingan bersama, dan FKPPI tidak kemana-mana tetapi ada dimana mana,” imbuh Tony, yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Lampung ini.

Pemegang Sabuk Hitam tertinggi DAN VI Karateka ini juga menekankan kepada Keluarga Besar PD VIII KB FKPPI Lampung untuk meningkatkan kualitas, memiliki semangat dan komitmen cita-cita bangsa, menjaga dan memperkokoh kebhinekaan, menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa menuju masyarakat aman, maju, mandiri, adil makmur dan sejahtera, berkeadilan, berdaya saing dan bermartabat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Tony yang juga Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Lampung mengajak kepada seluruh Keluarga Besar FKPPI Lampung, untuk terus meningkatkan konsolidasi organisasi, kekompakan Anggota, dan turut serta menciptakan suasana tertib, aman, dan damai, menjunjung tinggi nilai budaya dan kearifan lokal dengan tetap menjaga soliditas, mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara, serta bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagai anak kandung TNI-POLRI yang mengalir darah pejuang, Anggota FKPPI harus siap berada digarda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman yang akan mengganggu persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, terutama dalam menghadapi setiap ancaman yang akan membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anggota FKPPI harus terus mewarisi dan melestarikan jiwa, semangat, nilai dan cita cita juang para patriot Bangsa, dan meneruskan amal usaha TNI-POLRI. Selamat Ulang Tahun FKPPI Ke-41 Tahun 2019, Bersatu dan Berdaulat, Jayalah FKPPI,” pungkas Tony.(*)

]]>
https://media-merdeka.com/2019/peringati-hut-ke-41-pd-viii-kb-fkppi-lampung-ziarah-ke-makam-pahlawan-nasional-radin-inten-ii.html/feed 0
Bandara Gatot Subroto Bakal jadi Bandara Penerbangan Sipil https://media-merdeka.com/2019/bandara-gatot-subroto-bakal-jadi-bandara-penerbangan-sipil.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=bandara-gatot-subroto-bakal-jadi-bandara-penerbangan-sipil https://media-merdeka.com/2019/bandara-gatot-subroto-bakal-jadi-bandara-penerbangan-sipil.html#respond Mon, 11 Nov 2019 13:52:22 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40398 Bandarlampung, Media-Merdeka.com– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengungkapkan strategi pengembangan Bandar Udara Gatot Subroto bakal menjadi bandara penerbangan sipil. Strategi tersebut selain kerjasama dengan maskapai penerbangan juga mengatur jadwal penerbangan yang marketable.

Strategi lainnya, Gubernur minta Bupati Way Kanan Adipati Surya dan Dinas Perhubungan berkoordinasi untuk membidik penumpang pesawat di deaerah sekitar, salah satunya penumpang asal Sumatera Selatan.

“Kita harus segera lakukan kerjasama dengan maskapai yang akan digunakan, kemudian kita tentukan waktu ideal penerbangan dalam kurun waktu seminggu,” ujar Gubernur Arinal Djunaidi saat menerima audiensi dari Bupati Way Kanan, Adipati Surya, di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Kantor Gubernur, Bandarlampung, Senin (11/11/2019).

Lebih lanjut, Gubernur Arinal juga mengarahkan agar Pemerintah Kabupaten Way Kanan segera berkoordinasi dengan Pemda Sumatera Selatan terkait adanya penerbangan sipil di Bandara Gatot Subroto.

“Pemkab Way Kanan dan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung harus berkoordinasi dengan Pemda Sumatera Selatan dan Dinas Perhubungan disana terkait dengan Bandara Gatot Subroto. Bahwasannya akan ada penerbangan sipil di Bandara Gatot Subroto. Sehingga masyarakat terdekat seperti Way Kanan, Oku Timur, Oku Selatan, Oku Induk nantinya bisa memanfaatkan Bandara Gatot Subroto sebagai penerbangan sipil,” jelas Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal juga menjelaskan agar Bandara Gatot Subroto harus ada penerbangan terlebih dahulu, baru akan ada penerbangan rutin nantinya.

“Bandara ini harus kita buat lari dulu, baru nanti akan ada penerbangan rutin kedepannya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, menjelaskan bahwa sarana dan prasarana di Gatot Subroto sudah tersedia dan memadai, tinggal maskapai yang belum ada.

“Untuk sarana dan prasarana telah tersedia. Permasalahan saat ini adalah belum adanya maskapai yang bekerjasama,” pungkasnya.

Ia meyakini bahwa apabila penerbangan di Bandara Gatot Subroto berjalan dengan rutin, maka bandara ini akan ramai. Hal ini mengingat Bandara Gatot Subroto akan diisi dari 4 (empat) kabupaten sekitar yaitu Way Kanan, Baturaja, Martapura, dan Oku Selatan.

“Akan ada 4 kabupaten terdekat yang akan memanfaatkan Bandara Gatot Subroto atau sekitar 3 juta penduduk. Sehingga kami optimis bandara ini akan ramai nantinya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa harus segera mungkin melakukan koordinasi dengan maskapai seperti citilink, garuda, atau maskapai lainnya.

“Intinya pesawatnya dulu harus ada. Skema apapun itu nanti baru dilakukan. Yang terpenting maskapainya dahulu. Untuk itu, kita harus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan maskapai yang ditentukan apakah itu City Link ataukah Garuda,” jelasnya. (Humas Prov Lampung)

]]>
https://media-merdeka.com/2019/bandara-gatot-subroto-bakal-jadi-bandara-penerbangan-sipil.html/feed 0
Gubernur Arinal Menandatangani Kerjasama Bersama Rektor Universitas Pertahanan https://media-merdeka.com/2019/gubernur-arinal-menandatangani-kerjasama-bersama-rektor-universitas-pertahanan.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=gubernur-arinal-menandatangani-kerjasama-bersama-rektor-universitas-pertahanan https://media-merdeka.com/2019/gubernur-arinal-menandatangani-kerjasama-bersama-rektor-universitas-pertahanan.html#respond Mon, 11 Nov 2019 11:33:23 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40389 Bandarlampung, (Media-merdeka.com)- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menandatangani kerja sama peningkatan study pertahanan dengan Rektor Universitas Pertahanan Letjend Dr. Tri Legionosuko, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Senin (11/11/2019). Kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memiliki wawasan pertahanan.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal mengatakan peningkatan ilmu pengetahuan dalam bidang pertahanan dan ketahanan adalah salah satu bidang yang patut didalami oleh ASN. Sebab, nantinya ilmu ini dapat dipergunakan dalam menghadapi tantangan zaman ke depan.

“Ini adalah kerjasama yang sifatnya jangka panjang bukan hanya untuk kepentingan Provinsi Lampung, namun juga untuk kepentingan seluruh bangsa Indonesia, maka sudah seharusnya aparatur dibekali dengan pengetahuan yang bisa mendukung pertahanan Negara,” kata Gubernur.

Senada dengan Gubernur Arinal, Letjend Dr. Tri Legionosuko mengatakan, tujuan kerjasama ini adalah untuk meningkatkan fungsi Tridhama Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menunjang peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Provinsi Lampung.

“Program studi Unhan tidak hanya mengenai militer tapi juga memperdalam ilmu pertahanan dari sudut pandang politik, ekonomi, sosial dan budaya,” katanya.

Tri Legionosuko berharap ke depan semakin banyak putra-putri Lampung yang belajar di Unhan. “Agar nantinya Unhan menjadi pioneer agen perubahan di bidang pertahanan,” harapnya. (Red/Humas Prov Lampung)

]]>
https://media-merdeka.com/2019/gubernur-arinal-menandatangani-kerjasama-bersama-rektor-universitas-pertahanan.html/feed 0
Wagub Chusnunia Buka Pelatihan Pembuatan Sabun Organik https://media-merdeka.com/2019/wagub-chusnunia-buka-pelatihan-pembuatan-sabun-organik.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=wagub-chusnunia-buka-pelatihan-pembuatan-sabun-organik https://media-merdeka.com/2019/wagub-chusnunia-buka-pelatihan-pembuatan-sabun-organik.html#respond Mon, 11 Nov 2019 11:28:42 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40386 Natar, (Media-merdeka.com)- Program gerakan masyarakat mandiri dan produktif yang diusung Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim (Nunik) terus berlanjut. Salah satunya dengan diadakannya Bimtek Pembuatan Sabun Organik Bagi Industri Kecil Menengah (IKM) yang diikuti oleh Kelompok Wanita Tani dan warga di Balai Desa Tanjung Sari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Senin (11/11/2019).

Acara yang dibuka Wagub Chusnunia ini diadakan Dinas Perindustrian Provinsi Lampung. Selain merupakan upaya mengentaskan kemiskinan juga membekali masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan.

“Ini sesuai arahan Bapak Gubernur Arinal Djunaidi untuk warga kita agar produktif. Ini juga langkah penanggulangan kemiskinan, agar keluarga di seluruh Lampung ini menjadi keluarga yang mandiri dan produktif,” ujar Wagub Nunik.

Menurut Nunik, pembekalan ini sebagai langkah agar kaum ibu atau perempuan bisa menjadi generasi yang tingkat kesejahteraannya lebih baik. “Ibu sebagai bagian dari keluarga sangat punya pengaruh, baik itu kualitas maupun dalam hal manajemen keluarga, kesejahteraannya dan sebagainya, peran ibu sangat penting,” kata Nunik.

Pembekalan IKM ini, lanjut Nunik, dilaksanakan Dinas Perindustrian Provinsi Lampung dan melibatkan perempuan. “Ini juga pesan dari Bapak Gubernur agar perempuan lebih produktif dan berdaya,” ujar Wagub.

Nunik berharap ke depan bisa membantu terkait proses pemasarannya.
“Kita akan latihkan nanti pemasarannya asalkan ibu-ibu yang dilatih ini serius, jadi kita akan buat pelatihan marketing online seperti apa, agar bisa berjualan yang bagus seperti apa, kalimat dan foto produknya agar menarik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Bayana mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan gagasan Wakil Gubernur Lampung.

“Dalam perubahan anggaran melalui Dinas Perindustrian, Ibu Wagub ingin kita mengadakan pelatihan keterampilan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi kesejahteraan warga masyarakat,” ujar Bayana.

Bayana menjelaskan tujuan dari kegiatan ini yakni memberikan fasilitas akses pasar baik langsung maupun tidak langsung kepada seluruh IKM sehingga dapat meningkatkan kemampuan IKM masyarakat terutama di Desa Tanjung Sari, Natar.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan peran serta IKM masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi rumah tangga serta membuka wawasan dan pengetahuan bagi IKM masyarakat terhadap pentingnya memiliki produk yang bersaing di pasar namun tidak lupa pula menerapkan unsur ramah lingkungan,” katanya.

Menurut Bayana, pelatihan IKM yang dilakukan hari ini, membuat sabun berbentuk cair. “Para kelompok wanita tani ini mayoritas dari Kecamatan Natar. Harapan kita tentunya dengan diadakannya pelatihan ini dapat memberikan keterampilan bagi ibu-ibu dan meningkatkan penambahan penghasilan bagi peningkatan kesejahteraan warga masyarakat,” katanya. (Red/Humas Prov Lampung)

]]>
https://media-merdeka.com/2019/wagub-chusnunia-buka-pelatihan-pembuatan-sabun-organik.html/feed 0
Gubernur Arinal Wujudkan Lampung Terang Berjaya https://media-merdeka.com/2019/gubernur-arinal-wujudkan-lampung-terang-berjaya.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=gubernur-arinal-wujudkan-lampung-terang-berjaya https://media-merdeka.com/2019/gubernur-arinal-wujudkan-lampung-terang-berjaya.html#respond Mon, 11 Nov 2019 11:26:00 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40383 Bandarlampung, (Media-merdeka.com)-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi siap mewujudkan misi Lampung Terang Berjaya bersama PT. PLN dengan menargetkan ratio desa berlistrik 100 persen di tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Gubernur dalam acara Customers Gathering PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung bertemakan Mitra Energi Andal Untuk Lampung Berjaya, di Swissbell Hotel, Bandarlampung, Senin (11/11/2019).

“Alhamdulilah dengan adanya sinergi bersama PT. PLN, Ratio Desa Berlistrik di Provinsi Lampung 2019 telah tercapai 98,56 %. Dan harapannya Ratio Desa Berlistrik pada tahun 2020 dapat tercapai 100 %. Selain itu, saya juga berkomitmen untuk mewujudkan kemandirian energy listrik di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur menjelaskan bahwa RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2019- 2024 merupakan tahap ke-4 (tahap akhir) pelaksanaan RPJPD Provinsi Lampung Tahun 2005-2025. Salah satu sasaran pencapaian visi, misi, bersama DPRD adalah terkait peningkatan sektor energi.

“Hal tersebut sejalan dengan Visi Pemerintah Provinsi Lampung saat ini yaitu mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah, serta misinya Lampung Terang Berjaya (Swasembada Listrik. Tentunya untuk mewujudkan kesemua ini, perlu adanya sinergi dan inovasi dengan stakeholder terkait,” jelasnya.

Gubernur juga menjelaskan bahwa visi dan misi Pemerintah Provinsi Lampung mewujudkan kemandirian energi listrik di Provinsi Lampung, serta melistriki masyarakat yang belum terjangkau jaringan listrik.

“Untuk mewujudkan itu, Pemprov Lampung bersama PT. PLN terus melakukan sinergi diantaranya Peningkatan Rasio Elektrifikasi Provinsi Lampung dengan program melistriki dusun-dusun yang belum berlistrik dengan target besaran persentasi Rasio Desa Berlistrik (RDB) setelah tercapainya 100 % Desa Berlistrik di Provinsi Lampung,” ujar Arinal.

Hal lainnya, lanjut Arinal, adalah melakukan sinergi dalam peningkatan infrastruktur jaringan transmisi listrik untuk pemenuhan potensi pelanggan baru di sektor industri yang telah terencana pada kawasan industri baru, serta untuk mendukung pariwisata terutama yang berada di kepulauan, seperti yang akan direalisasikan Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) 20 Kv ke Pulau Pahawang oleh PT. PLN Unit Distribusi Lampung.

Kemudian melakukan sinergi dalam mewujudkan kemandirian Energi Listrik di provinsi Lampung dengan mendorong penambahan Pembangkit Listrik baru berbasis Energi Terbarukan maupun lainnya, dan pemanfaatan potensi yang ada di Provinsi Lampung. Hal ini untuk pemenuhan kebutuhan listrik di Provinsi Lampung yang saat ini masih kurang, dan masih di suplay Daya Listrik dari Sumbagsel sebesar 450 MW.

“Adapun Inisasi dari Pemprov Lampung terkait hal tersebut, di antaranya rencana pembangunan PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) 25 Mw dan mendorong percepatan pengembangan potensi Panas Bumi yang ada di Provinsi Lampung untuk dimanfaatkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP),” kata Gubernur.

Selain itu, mengusulkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ke Kementerian ESDM RI, dan melaksanakan pembangunan Rooftop pada 20 gedung milik Pemerintah Provinsi Lampung di Tahun Anggaran 2020 sebagai proyek percontohan untuk Rooftop di Provinsi Lampung, serta mendukung Program Pemerintah Nasional Sejuta Surya Atap (GNSSA).

Lebih lanjut, Gubernur Arinal menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung melalui Program Lampung terang Berjaya bertujuan agar Desa yang ada diseluruh Provinsi Lampung teraliri dan menikmati listrik, serta untuk mendukung Program Pemerintah Pusat yaitu membangun daerah-daerah Terluar, Terdepan, Terpencil dan Terisolir dan wujud pembangunannya dengan memberikan bantuan Listrik Tenaga Surya Hemat Energi.

Gubernur Arinal menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah mendistribusikan Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebanyak 4.272 unit yang tersebar di 30 Desa yang belum berlistrik pada 6 Kabupaten di Tahun 2019, selain itu usulan PJUTS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya) bagi Desa yang belum berlistrik ke Kementerian ESDM RI, dan Pemprov Lampung mendapatkan kuota sebanyak 1000 unit untuk 8 Kabupaten di Provinsi Lampung pada Tahun Anggaran 2020.

Sementara itu, dalam sambutannya, GM PLN UID Lampung Pandapotan Manurung menjelaskan daya pembangkit listrik di Provinsi Lampung sebesar 5.839 MW, dengan cadangan daya dari pembangkit sebesar 319 MW atau setara dengan reserve margin 6 persen.

“Pertumbuhan listrik di Lampung merupakan yang tertinggi se-Sumatera. Untuk itu, kami akan terus berupaya membantu menaikan kondisi kelistrikan yang lebih produktif,” jelasnya.

Pandapotan menjelaskan untuk meningkatkan keandalan dan kapasitas pembangkitan di sistem kelistrikan Sumatera dan khususnya di Sub Sistem Lampung, pihaknya juga akan terus membangun infrastruktur kelistrikan sampai dengan tahun 2028.

“Khusus di Lampung, kami akan membangun pembangkit listrik sebesar 3746 MW dengan transmisi 3071 Kms dan Gardu induk 5.140 MVA,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Pandapotan, PLN juga sudah memulai pembangunan pembangkit PLTGU dengan kapasitas 200 MW di Sebalang dan akan segera diikuti dengan pembangunan PLTU Tarahan Ekspansi 300 MW. (Red/Humas Prov Lampung)

]]>
https://media-merdeka.com/2019/gubernur-arinal-wujudkan-lampung-terang-berjaya.html/feed 0
PT. PLN Persero UPK Tarahan akan Merehab GSG Kalianda https://media-merdeka.com/2019/pt-pln-persero-upk-tarahan-akan-merehab-gsg-kalianda.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=pt-pln-persero-upk-tarahan-akan-merehab-gsg-kalianda https://media-merdeka.com/2019/pt-pln-persero-upk-tarahan-akan-merehab-gsg-kalianda.html#respond Mon, 11 Nov 2019 09:11:10 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40380 Lamsel Mediamerdeka.com – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Tarahan akan melakukan rehab Gedung Serba Guna (GSG), Kalianda yang terletak di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Pasalnya, GSG kebanggaan masyarakat Kota Kalianda, itu sudah dua tahun terbengkalai dan tidak dapat digunakan.

Hal tersebut dikatakan Ottniel Marrung selaku manager PT PLN UPK Tarahan, saat meninjau GSG Kalianda yang didampingi Plt Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Pemkab Lampung Selatan Feri Bastian.

“Kami berencana untuk melakukan rehab GSS ini dengan menggunakan dana CSR. Tapi semua harus sesuai aturan yang berlaku,” ujar Ottniel Marrung disela-sela peninjauannya, Senin (11/11/2019).

Namun menurutnya, rencana rehab GSG melalui dana CSR tersebut tentunya akan terlebih dahulu disampaikan pihaknya kepada PT PLN UIKBS (Unit Induk Pembangkitan Sumbagsel) dan PLN Pusat.

“Mudah-mudahan ini (rehab) bisa dimasukkan dalam anggaran CSR PLN pada Tahun 2020,” tutur Ottniel Marrung.

Sebelumnya Ottniel Marrung beserta rombongan pada Senin (11/11/2019) pukul 07:30 WIB, melakukan audiensi bersama Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan di rumah dinas bupati setempat.

Usai melakukan audiensi dan berdialog dengan Plt Bupati Lampung Selatan bersama jajaran, Ottniel Marrung langsung meninjau GSG Kalianda yang terletak di Jalan Zainal Abidin Pagaralam, atau tepatnya di sekitar Tugu Adipura Kalianda.

Sementara dalam audiensi itu, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, mengucapkan terima kasih kepada PT PLN UPK Tarahan yang sudah berniat menurunkan dana CSR untuk merehab GSG Kalianda tersebut.

“Seperti kita ketahui bersama, manfaat GSG ini bukan hanya digunakan untuk kepentingan pemerintah daerah saja, tapi masyarakat juga bisa menggunakannya. Kedepan kita akan fungsikan lagi GSG tersebut apabila telah direnovasi,” kata Nanang. (Endri/kmf)

]]>
https://media-merdeka.com/2019/pt-pln-persero-upk-tarahan-akan-merehab-gsg-kalianda.html/feed 0
Andi Surya Dialog Dengan Forum Relawan Metro, Membangun Metro Baru https://media-merdeka.com/2019/andi-surya-dialog-dengan-forum-relawan-metro-membangun-metro-baru.html?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=andi-surya-dialog-dengan-forum-relawan-metro-membangun-metro-baru https://media-merdeka.com/2019/andi-surya-dialog-dengan-forum-relawan-metro-membangun-metro-baru.html#respond Sun, 10 Nov 2019 18:33:58 +0000 http://media-merdeka.com/?p=40407 Metro, Media-Merdeka.com– Forum Relawan Bersatu Kota Metro selenggarakan Diskusi publik bersama masyarakat kota Metro dan Dr. H. Andi Surya Balon Walikota Metro yang berlangsung Pukul 13.30 Wib bertempat di jalan Nusantara Mulyosari Kecamatan Metro Barat kota Metro, Senin (11/11/2019).

Diskusi publik tersebut di inisiasi oleh Seknas Jokowi kota Metro, Pro Nawacita (Pronata) Kota Metro, Relawan Nusantara Bersatu (RNB) dan Pospera Kota Metro yang tergabung pada Forum Relawan Bersatu Kota Metro dihadiri para Relawan dan peserta diskusi dengan mengangkat tema “Harapan Masyarakat untuk kemajuan kota Metro”.

Dalam sambutannya, Ketua Pronata Kota Metro Tuty Mugiasih pada Diskusi Publik menyampaikan harapannya, Dengan diselenggarakan Diskusi Publik bersama Dr. H. Andi Surya yang bertema Harapan masyarakat untuk kemajuan kota Metro.

“Diskusi ini merupakan Penyerapan aspirasi masyarakat, kemudian menyampaikannya kepada pihak terkait dapat ditampung untuk mewujudkan kemajuan kota Metro ke depannya,” ucap Tuty.

Hal senada disampaikan Ketua RNB kota Metro, Zazili, menyampaikan, “Relawan Nusantara Bersatu Kota Metro, pada diskusi publik ini ingin bersama masyarakat menyerap aspirasi, apa yang menjadi keluhan dan keinginan masyarakat,” ujar Zazili.

Sementara itu, DR.H.Andi Surya mengucapkan terimakasih dapat bersilahturahmi dan bertatap muka bersama masyarakat kota Metro dan empat Relawan yang tergabung dalam Forum Relawan Bersatu Kota Metro.

“Kehadiran saya disini bersilahturahmi dan sekaligus memperkenalkan diri. Saya sebenarnya orang Metro dikarenakan keluarga ayah mertua saya di Metro dan saya sendiri menikah di Kota Metro,” ungkapnya.

“Sebagai pengusaha dan pemilik yayasan pendidikan di Lampung ingin berbuat lebih untuk masyarakat dengan menekuni dunia politik dan dipercaya dua kali sebagai Wakil rakyat menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung dan satu periode Anggota DPD RI, ikut mencalon sebagai Walikota Metro,” ucapnya.

“Program 6 M, salah satunya Metro Hub City dengan melakukab rekontruksi terminal kota Metro sebagai sarana Penghubung yang strategis antar dan intra kota. Kota Metro akan kita buat jalan lingkar yang akan terhubung jalan Tol. Efeknya akan tumbuh bisnis baru di kota Metro, logistik pergudangan menumbuhkan ekonomi,” kata Andi.

Ia menambahkan, “konsep Metro EduPark city bagaimana kita akan membuat wujud kota Metro menjadi Kota Pendidikan yang sesungguhnya dan terbaik melalui upgrade sumber daya. Akan kita jadikan seperti kota Jogja yaitu identitas nya sebagai kota pelajar. Program lain dirinya memberikan beasiswa satu keluarga satu orang sarjana”. Sebut Andi Surya.

Dikatakan Andi Surya, “Akan kita ciptakan Metro kreatif city, bagaimana kita membina seniman, UMKM dan petani untuk menjadi pelaku bisnis yang produktif dan memiliki kreatifitas. Kota Metro juga akan kita jadikan kota Smart city dengan digitalisasi, memasarkan dan mempromosikannya melalui sistem digital. Beberapa fasilitas spot area Internet akan kita berikan gratis,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, “Ciri kota ialah dengan fasilitas untuk masyarakat dengan Layanan kesehatan, yaitu sarana prasarana rumah sakit yang lengkap, melalui sumber daya manusia, alat medis nya dan layanannya. Selain itu kita jadikan kota Metro sebagai Kota Religi, yang akan menjadi wisata religi yang akan diminati warga dari daerah lain. Selain itu kita bangun Metro sinema city sebagai pusat hiburan dan keramaian kota,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan Diskusi tanya jawab Andi Surya dengan para warga dan Forum relawan Nusantara Bersatu Kota Metro dan Ramah tamah.

]]>
https://media-merdeka.com/2019/andi-surya-dialog-dengan-forum-relawan-metro-membangun-metro-baru.html/feed 0